7 Alasan Sebuah Keluarga Memilih Untuk Sewa Rumah Daripada Ambil KPR Bank

Rumah menjadi kebutuhan pokok setiap manusia. Rumah menjadi tempat berlindung di kala hujan dan panas. Dengan demikian, memiliki rumah menjadi salah satu hal yang paling utama. Nyatanya, tidak semua orang bisa membeli rumah cash atau membangun rumah dengan cepat. Hal ini dikarenakan proses pembangunan rumah memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Sebagai solusinya, Anda bisa mengambil KPR ataupun sewa rumah kontrakan.

Ambil KPR atau Pilih Sewa Rumah?

Sewa rumah atau KPR? Ini merupakan salah satu pertimbangan yang harus dilakukan dengan bijak. Banyak orang yang telah berkeluarga memilih untuk menyewa rumah sambil menabung untuk membangun rumah daripada mengambil KPR Bank. Kira-kira, apakah yang menjadi alasan mereka?


1. Dana uang muka

Ketika Anda memutuskan untuk mengambil KPR Bank, maka Anda harus mempersiapkan uang muka KPR. Tidak semua keluarga memiliki uang muka yang besar untuk mengambil KPR. Jika menyewa rumah, uang yang dibutuhkan tidak akan sebesar itu. Oleh karena itu, banyak pasangan yang lebih memilih untuk menyewa rumah terlebih dahulu.

2. Penghasilan per bulan tidak tetap

Mengambil rumah KPR berarti Anda akan memiliki cicilan per bulan yang harus dibayarkan. Ketika Anda tidak memiliki penghasilan per bulan yang tidak tetap, maka akan sulit bagi Anda untuk membayarkan cicilan KPR Bank dengan tepat waktu. Akibatnya, Anda harus membayar denda yang banyak. Belum lagi, jangka waktunya pasti bertahun-tahun.

3. Bisa pindah dengan mudah

Ketika Anda memutuskan untuk mengambil KPR Bank, maka Anda akan berpikir panjang ketika akan berpindah tempat. Terdapat banyak cicilan yang harus dibayarkan. Jika pindah begitu saja, sayang sekali kalau rumah Anda tidak ditempati. Berbeda halnya dengan menyewa rumah, Anda bisa pindah kapanpun Anda mau.

4. Sulit untuk menjual rumah

Menjual rumah ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan. Banyak orang yang memiliki KPR bank dan harus pindah namun merasa kesulitan untuk menjual rumahnya. Mau jual pun harga rumah tidak banyak memberikan keuntungan untuk Anda.

5. Murah

Menyewa rumah tentu saja lebih murah jika dibandingkan dengan mengambil KPR Bank. Cara ini sangat cocok untuk Anda para pasangan yang baru membentuk keluarga. Masih banyak keperluan lain yang harus Anda cukupi.

6. Untuk keputusan yang lebih baik

Sebuah keluarga pastinya memiliki impian untuk memiliki rumah sendiri di masa yang akan datang. Anda bisa berpikir panjang untuk mengambil KPR karena berarti Anda akan memiliki cicilan yang sangat banyak. Anda bisa memilih untuk menyewa rumah sembari menabung untuk membeli tanah dan membangun rumah.

7. Biaya perawatan

Ketika Anda memiliki aset pribadi seperti rumah KPR, berarti Anda memiliki tanggungjawab untuk memberikan perawatan. Anda juga harus melakukan renovasi ketika rumah tersebut rusak. Berbeda jika Anda menyewa rumah, tanggungjawab Anda tidak akan terlalu besar.

Maka, pertimbangkanlah dengan benar ketika Anda memutuskan untuk mengambil rumah KPR. Jangan sampai Anda salah dalam melangkah.